Sabtu, 02 November 2013

Pulau Karimun Jawa Jepara

karimun jawa
Menurut cerita rakyat yang ada, pulau karimun jawa jepara  ini ditemukan oleh Sunan Muria yang ketika itu berada di puncak Gunung Muria. Sunan Muria melihat sejumlah pulau yang tampak "kremun-kremun" (bahasa Jawa) yang berarti timbul. Pulau ini berjarak kurang lebih 83km dari jepara yang dipisahkan oleh perairan laut, dan cara untuk mencapainya bisa menggunakan kapal atau pesawat terbang. Terkenal akan keindahan alam lautnya yang membuat pengunjung dengan sukarela harus melewati perjalanan terombang- ambing selama 6 jam dilautan menggunakan kapal. 



Selain semua keindahan yang ada di pulau karimun jawa ini masih ada banyak yang harus dibenahi.  


Sebagai destinasi wisata, kawasan karimun jawa ini bisa dibilang masih minim dengan fasilitas, antara lain, untuk transportasi menuju pulau tersebut yang tidak bisa setiap saat. Selain itu, pasokan listrik yang hanya mengandalkan pembangkit listrik diesel (PLTD) dan hanya hidup pada malam hari. Hal ini juga terkendala jika mesin diesel rusak, bisa berhari-hari kawasan ini tanpa penerangan yang memadai pada malam hari. 

Pemanfaatan kawasan ini sebenarnya bukan hanya sebagai lokasi wisata, melainkan juga untuk penelitian dan pendidikan. Pulau Karimun jawa jepara mempunyai lima ekosistem, yaitu hutan pantai, hutan bakau, hutan dataran rendah, hutan terumbu karang, dan lamun (rumput laut). Dengan kemajuan tehnologi dan informasi yang ada yang membuat pulau ini semakin dikenal luas oleh masyarakat dan makin diminati untuk dijadikan tujuan wisata baik oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Pulau yang sudah berpenduduk yaitu Pulau Genting, Pulau Kemujan, Pulau Karimun jawa, Pulau Nyamuk, dan Pulau Parang. Sebagian besar pulau di sana memiliki pantai dengan pasir putih. 


Pulau-pulau yang menjadi favorit untuk dikunjungi para turis karena keindahan alamnya antara lain Pulau Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Cemara Kecil, dan Tanjung Gelam. Ragam pemandangan pulau-pulaunya lebih kaya dari Pulau Seribu. Koleksi terumbu karangnya juga tidak kalah menarik, ada 51 genus terumbu karang di Karimun jawa yang siap memukau, ditambah dengan aneka ragam jenis ikan cantik yang membuat keindahan bawah laut pulau karimunjawa jepara semakin komplit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar